Sunda: Pangeretan!!!

Semua orang sudah tau, bahwa suku Sunda terkenal dengan fenomena PANGERETAN yang DIDERITA oleh kaum wanita Sunda ketika menjadi istri dari seorang pria.

Pangeretan, adalah istilah, yang artinya adalah bahwa sang istri tersebut mempunyai instink yang amat kuat untuk menguasai bahkan menghabisi harta sang suami TANPA PERASAAN sedikit pun.

Banyak kisah yang terdengar di tengah masyarakat yang menjelaskan bahwa si anu atau si anu, sebagai sang suami telah jatuh miskin karena semua harta nya telah DIPELOROTIN oleh sang istri yang berdarah sunda tersebut.

Saya mempunyai seorang kenalan, wanita, dan dia berprofesi sebagai guru PNS di sebuah SMK di Jakarta. Dia bercerita, bahwa seorang pria bule native speaker, dengan sedih bertutur,

Hebat ya wanita wanita Indonesia itu …. Semua harta saya telah habis dikuras oleh istri saya yang orang Indonesia itu … tabungan di bank, rumah, tanah, perhiasan ….

Dan ketika semua harta saya sudah habis, sang istri meninggalkan saya begitu saja. Sekarang kalau ada orang yang menawarkan pekerjaan kepada saya, apa pun pekerjaan itu, akan saya ambil, demi saya bisa menyambung hidup saya di Indonesia ini …

Si pria bule itu sebenarnya tidak menyadari, bahwa wanita yang ia nikahi itu adalah wanita Sunda… namun ia telah melakukan generalisasi, dengan mengesankan bahwa SEMUA WANITA INDONESIA mempunyai instink yang amat menjijikkan tersebut….

20 thoughts on “Sunda: Pangeretan!!!

  1. Jangan suka menggeneralisir wanita sunda pangeretan, kalau adapun hanya beberapa gelintir saja, watak wanita pangeretan itu ada juga pada suku-suku lain. Yang diajarkan orang tua terhadap gadis Sunda itu; ‘ Dulang tinande’ yang kira-kira maksudnya istri-garwa itu mesti kumaha caroge-bagaimana suami saja nunut.

  2. Boleh sy tahu email anda suku2gila? sepertinya anda sangat benci kpd suku2 bangsa yg diceritakan diatas? Mungkin sy perlu dialog untuk membicarakan hal2 tsb agar kebencian anda tsb bisa dinetralisir.

    Sy tunggu kontak anda: Email sy dartonodildaarahmad@yahoo.com

    • maaf.
      blog ini saya ketengahkan utk ISENG2 tulis kekurangan SEMUA SUKU yg ada di indonesia. bukan terbatas pada suku minang dan sunda saja. sekarang ini saya sedang sibuk menghandel blog saya yg lain, jadinya yg sempat skg ini hanya suku sunda dan minang …

      batak. madura. jawa. kalimanantan. makasar. ah semuanya deh.

      tp yg penting, jangan dibawa ke hati ya….
      kita harus mengetahui semua citarasa yg ada di indonesia ini… kita harus sportif mengakuinya…

      saya pun tidak benci kpd suku2 tertentu di indonesia kok…..

      email saya,
      suku2gila@yahoo.com

  3. huuff…kampret,oke lanjutkan ngeblognya.oke gua minang,emang sih minang pelit,tapi bukan pelit sih,perhitungan coy,karna orang orang minang selalu berambisi ingin KAYA.makanya kampung gua makmur.okey lanjuut.sory koment gua yg tadi,maklum kuping gua panas.

  4. hahahaha…bangsat ni blog.para se SUNDA se SUNDA pada HOOOTT..hahahahaha..agan,besok di post suku melayu gan,melayu identik dengan PEMALAS,hahaha..

    • ahahhah iyaa benar suku melayu identik dgn malas,namun saya suku melayu asli pekanbaru dan siak ,tapi alhamdulillah udah mw ke jenjang s2 untuk mencari ilmu. dan saya bercita-cita kerja diluar negeri dan membangun negeri ini nanti. saya rasa tidak semua org minang dan sunda yang seperti diatas,itu tergantung individu dan lingkungan dia bertempat tinggal. jika lingkungan dia kategori di bawah rata2 maka pastilah irit. saya pun juga gtu,itu namanya perjuangan hidup 😉

      yg menulis blog ini tentu saja iseng,tapi cobalah pikirkan org lain yg pastinya tersinggung dengan ini. banyak kok kelebihan suku2 di indonesia yg harus diketahui jgn cuma negatifnya saya yg ditonjolkan. (sekedar saran) thanks before.

  5. KURANG AJAR AMAT si ADMIN BLOG INI.

    MENCARI PERPECAHAN SAJA.

    EH, KAU IRI APA DENGKI HAH..??!

    KAU MENGHINA, MACAM KAU SAJA YANG PALING SEMPURNA.

    ITU YANG DIAJAR BAPAK – MAMAK KAU..??

    Suku2gila:
    santai, kawan …

    ini blog memang didedikasikan utk ungkap fakta apa adanya.

    jangan kita mau nya dipuji2 saja …. toh semua mahluk ada kekurangannya, kita harus ridho menerimanya ….

    semua suku ada kekurangannya …. minang, jawa, sunda, batak, betawi, ambon, madura, bali, dayak, aceh, arab, dll …..

    semua suku itu nanti akan kita ungkap satu persatu kekurangannya, karena itulah Sunatullah / hukum alam.

    terima kasih.

  6. Jangan jangan orang miskin mendadak kaya itu makanya kampungan dia. Coba kalau dia orang kaya atau orang sekolahan pasti ga gitu. Semua cewek mau sunda ataupun suku lainnya asal dia orang berkecukupan dan orang sekolahan ga mungkin kayak gitu. Calon istri awakpun orang sundanya. Tapi campur orang minang sih. Hehe 😀

  7. Emang gak semua sperti itu, tapi rata-rata loh.
    Sy jg sering dengar cerita sperti itu, bahkan sodara istri sy saat bangkrut ditinggal istrinya pergi kawin lagi. Pdhal anaknya sdh besar-besar.

    Pengalaman pribadi th.1998an sama prempuan beginian:
    Tetangga sy suaminya kerja, istrinya panggil sy betulin DVD player. DVD gak rusak, trus dia pasang video porno kami berdua dirumahnya. Iman saya kuat tapi si Imron ternyata lebih kuat. Kepala saya langsung puyeng mau melakukan dikamar mana? Wkwkwkwk…. Maklum waktu itu belum nikah…

    Tapi Tuhan itu maha baik. Sodaranya ada yg datang dan film pun kami matikan. Sayapun akhirnya hanya pinjam DVD blue-nya saja. Sampe sekarang gak pernah kerumah dia mskipun dekat. Gak tega juga sih, suaminya baiiik banget.

  8. Ya betul..gak cewek ga cowok orang sunda itu memang ga punya pikiran dan otak…buat orng sunda…hehehe keburukan klian sudah terkenal dmn”,,,jd tolong jgn menghindar dr kenyataan hehehe

    • wah…ini knp anda memakai nama suku utk akun anda. sy sbg org jawa asli enggak terima. itu pndpt anda pribadi. Pendpt anda tdk mewakili suku dan jg yg anda tuduh pd suku lain jg tdk mesti bgitu ke semuanya.

      menjadi Republik Indonesia berarti jg harus mnerima semua kekurangan dan kelebihan komponen bangsa.

Leave a comment